Thursday, August 13, 2015

NERASI SINGKAT KAMPUNG PASIRKIAMIS

 kampung pasirkiamis
            
Awal mula berdiri kampung Pasirkiamis memang terbentuk sudah sangat lama sehingga ketika saya mencari informsasi ke berbagai warga masyarakat tidak ada yang tahu siapa yang pertama kali memberi nama dan mendirikan kampung ini. Mereka hanya mengetahui asal nama itu diambil dari keadaan tempat yang berbentuk Pasir sedangkan Kiamis, dulunya memang ada sebuah pohon besar yang bernama pohon kiamis. Pohon tersebut tumbuh di sekitar pasir-pasir. Katanya warga membuat kesepakatan untuk memberi nama kampung ini menjadi Pasirkiamis.
            Dulu penduduk kampung ini memang masih jarang, keluarga yang tinggal hanyalah sebagian kecil yang merupakan warga asli dari kampung Pasirkiamis ini. Mereka mumpunyai kebiasaan yang khas dan menjadikan suatu budaya yang turun temurun dari generasi ke generasi. Sejak tahun 1920 masyarakat kampung Pasirkiamis sudah bermata pencaharian sebagai pembuat kerajinan tangan yang menghasilkan beberapa produk diantaranya seeng, katel, kastrol dan sejnis perabotan dapur lainnya. Dulu sedikit orang yang ahli dalam bidang kerajinan ini, namun mereka berusaha untuk mengajarkan kepada anak cucunya maupun warga lain yang ingin belajar membuat kerajinan tersebut. Sehingga lahirlah orang-orang yang ahli di bidang keterampilan ini. Sekarang sudah tersebar ke berbagai pelosok desa d Kabupaten Garut.
            Sejak dulu masyarakat Pasirkiamis mempunyai kebiasaan untuk berdagang selain tujuannya ikhtiar mencari rezeki juga bertujuan untuk jalan dakwah karena keagamaan masyarakt kampung ini memang sudah kental dan berada dalam lingkungan pengajian yang dikawal para ulama-ulama zaman dulu.
            Seiring dengan berjalannya waktu semuanya berubah begitu cepat sehingga bertambahlah jumlah penduduk dari masa ke masa dan terjadilah kepadatan penduduk dengan banyak yang mendirikan bangunan rumah di tempat itu. Sumber daya manusia juga bertambah menjadi banyak dan bermunculan sebuah home industry. Akibatnya jumlah penduduk mulai memadati sudut-sudut ruangan tanah yang masih tersisa. Penduduk yang berdatangan dengan sanak saudaranya membentuk keluarga baru dan menetap tinggal di sana.
            Sekarang Pasirkimais sudah menjadi bahan obrolan warga disekitar kampung-kampung lain dengan beberapa hasil prodak terbarunya semakin meningkat baik dari home industry kerajinan tangan pembuatan perabotan dapur yang beraneka ragam, serta produk-produk lain yang semakin meningkat seperti hasil pertanian, peternakan, dan beberapa produk lainnya. Kehidupan ekonomi sudah tampak begitu maju, terlihat dari bangunan-bangunan rumah yang berdiri memadati luas daratan yang kosong sudah banyak yang permanen. Selain itu bangunan tersebut dihiasi dengan berbagai model seperti di daerah perkotaan. Hiasan tersebut juga merupakan hasil karya masyarakat Pasirkiamis yang telah mempunyai produk sendiri dan keahlian warga untuk merancang bangunan sedemikian rupa. Hiasan tersebut berupa gifsun yang ditempel di berbagai sudut ruangan untuk memperindah penampilan rumah. Begitulah keadaan Pasirkiamis sekarang sudah adanya perkembangan yang menonjol dari tahun ke tahun di berbagai bidang baik industry, ekonomi maupun bidang lainnya. Semoga Pasirkiamis ke depannya lebih berkembang dan maju.

0 komentar: